Melihat Sistem Pengelolaan Sampah di Inggris

Advertisement
Pemerintah inggris telah menerapkan berbagai macam aturan agar warga negaranya disiplin, salah satu aturan tersebut adalah sistem pengelolaan sampah. Setiap minggu, sampah milik masyarakat setempat selalu diangkut mulai dari daur ulang dan bukan daur ulang. Sampah daur ulang seperti kardus, koran, buku, brosur, bekas makanan dan lain-lain, sedangkan sampah non daur ulang meliputi bahan yang terbuat dari kaleng dan plastik.

Sistem pengambilan sampah selalu dilakukan secara bergilir misalnya kalau minggu ini waktunya pengangkutan sampah non daur ulang maka minggu depannya adalah sampah daur ulang. Dengan begitu cara ini lebih efisien dan hemat waktu serta biaya yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat.

Pertanyaannya adalah bagaimana nasib sampah yang diangkut tadi? Menuju kemana?

TPS Mandiri
Di inggris ada tempat yang bernama TPS Mandiri. Arti dari nama tersebut adalah karena kita membuangnya sendiri dan sudah dibedakan mana daur ulang dan tidak. Setiap orang disarankan untuk membuang sampah berdasarkan jenisnya agar mudah dibedakan dan di daur ulang atau tidak.

Sampah daur ulang terdiri dari berbagai macam jenis seperti plastik, kayu, metal, kain dan lain-lain. Semuanya sudah disediakan tempatnya masing-masing supaya masyarakat tidak kebingungan. Wadah pembuangan sampah di inggris rata-rata berbentuk kontainer agar bisa dengan mudah mengangkutnya. Kalau memasuki musim panas warga sekitar membuang sampah hijau seperti daun-daun kering berserakan dan sebagainya itu semua nantinya akan dijadikan pupuk.

Sampah daur ulang biasanya bentuknya besar dan tidak terpakai lagi seperti kasur, kulkas, ac, tv, dan sebagainya. Biasanya sampah jenis ini akan dipadatkan ke dalam mesin masif agar tidak memakan banyak ruang.

Related Posts:

0 Response to "Melihat Sistem Pengelolaan Sampah di Inggris"

Post a Comment