Inilah pohon tertua di dunia

Advertisement
Manusia dan hewan memiliki umur yang hampir sama dan hidup tidak lebih dari satu abad tapi berbeda dengan tumbuhan yang bisa hidup sampai ratusan atau ribuan tahun bisa bertahan. Pada tahun 2013 lalu ditetapkan kalau ada satu pohon yang dianggap sebagai pohon tertua di dunia. Pohon ini bernama Metusalah atau bahasa latinnya Pinus Longaeva yang berada di white mountain california.

Pohon ini diteliti oleh ilmuwan kalau usianya mencapai lebih dari 5000 tahun bahkan usia white mountain california hanya mencapai 4.845 tahun.

Selanjutnya ada pohon tertua di dunia yang terletak di monumen nasional Iran yang diperkirakan usianya mencapai 4000 tahun. Pohon ini jenisnya cemara mediterania yang berada di Yazd Iran dan dianggap sebagai makhluk tertua di dunia.

Berikutnya ada pohon cemara patagonian yang berusia 3.462 tahun yang terletak di pegunungan andes chili. Kadang-kadang orang menyebut pohon ini adalah spesies kuno Alerce dan pohon ini memiliki peringkat ketiga dari pohon tertua di dunia.

Walaupun pohon-pohon yang disebutkan diatas memiliki usia ribuan tahun tapi bukan berarti mikroorganisme hidup tertua di dunia. Karena adanya sistem koloni klonal yang terdiri dari pohon genetik yang sama dengan sistem akar tunggal sehingga usianya jauh lebih tua.

Contoh koloni klonal yang berusia 80.000 tahun berada di amerika serikat yang bernama Pando atau dikenal dengan Raksasa gemetar.





Related Posts:

0 Response to "Inilah pohon tertua di dunia "

Post a Comment