Makanan yang Haram Dikonsumsi di Beberapa Negara

Advertisement
Setiap negara memiliki aturan sendiri untuk membuat rakyatnya sejahtera dan itu juga termasuk dalam memilih makanan yang layak dikonsumsi atau tidak. Berbagai jenis makanan di bawah ini tidak layak untuk dimakan bahkan diperjualbelikan dan kalau sampai ada penduduknya yang melanggar maka pemerintah tidak segan-segan memberi hukuman tegas pada mereka yang melanggarnya.

Itu dikarenakan ada alasan logis kenapa makanan jenis ini dilarang beredar. Selain di bawah standar gizi, beberapa makanan tersebut akan menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya kalau terus-terusan dikonsumsi. Nah, berikut ini adalah Makanan yang Haram Dikonsumsi di Beberapa Negara.

Permen karet
Permen karet sangat dilarang dengan keras di negara singapura karena orang yang suka mengunyah permen karet menimbulkan masalah serius pada pemeliharaan fasilitas publik yang ada di sana misalnya membuangnya di sembarang tempat sehingga biaya pemeliharan fasilitas publik tentunya juga akan meningkat. Kasus paling parah yang terjadi di singapuran saat seseorang membuang permen karetnya di pintu MRT sehingga membuat pintunya menjadi rusak.

Peraturan dilarang mengunyah permen karet sudah diberlakukan pada tahun 1992 di masa pemerintahan Goh Chok Tong. Bahkan orang yang menjual, membuatnya, dan mengimpornya akan dikenai sanksi yang sangat serius.

Sup Sirip hiu
Negara Malaysia sangat melarang masyarakatnya untuk mengkonsumsi sup sirip hiu. Itu dikarenakan populasi hiu menjadi menurun drastis akibat perburuan liar dan hiu adalah spesies yang terancam punah. Meskipun sup sirip hiu rasanya sangat lezat dan memiliki khasiat yang menyehatkan bagi tubuh tapi negara malaysia melarang untuk mengkonsumsi makanan ini. Perlu diketahui kalau 100 juta hiu setiap tahunnya diburu oleh manusia dan dibunuh hanya untuk dikonsumsi siripnya saja dan bagian lainnya tentu saja dijual dengan harga yang sangat murah. Sirip hiu lebih bernilai dibandingkan dengan daging hiu.

Haggis
Haggis merupakan makanan yang terbuat dari jeroan domba dan terkenal sekali sebagai makanan khas skotlandia. Masyarakat disana sangat menggemari makanan ini tapi berbeda di negara Amerika Serikat. Ini dikarenakan makanan Haggis mengandung paru-paru yang dianggap tidak layak untuk dimakan.

Ikan Fugu
Masyarakat jepang sangat menyukai makanan yang dibuat dari ikan fugu. Kuliner ikan fugu menjadi tren selama bertahun-tahun di negara jepang bahkan menjadi salah satu ikon kuliner yang ada di jepang. Namun, Amerika Serikat sangat menentang masyarakatnya mengkonsumsi ikan fugu karena jenis ikan ini mengandung racun yang sangat kuat dan peraturan ini dikeluarkan pada tahun 2002 yang lalu.

Related Posts:

0 Response to "Makanan yang Haram Dikonsumsi di Beberapa Negara"

Post a Comment