Lubang biru terdalam di dunia yang akan membuat anda takjub

Advertisement
Lubang biru atau biasa disebut dengan Blue Hole adalah lubang bawah air yang terbentuk secara alami oleh erosi batuan karbonat. Kalau anda melihatnya dari atas permukaan laut maka akan terlihat seperti lingkaran biru yang gelap. Lubang biru biasanya terletak di pesisir dataran rendah tapi jangan salah kalau dulunya lubang biru berada di atas permukaan laut. Nah, berikut ini merupakan lima lubang biru yang menakjubkan di dunia dan tentunya bisa bikin anda takjub.

The Great Blue Hole of Belize
Salah satu lubang biru terkenal di dunia adalah The Great Blue Hole of Belize yang terletak di lepas pantai Belize. Meskipun negara ini kecil tapi setiap tahunnya selalu dikunjungi oleh penyelam dari berbagai dunia. Kedalaman lubang biru ini sekitar 300 meter atau lebih. Para ahli mengungkapkan kalau lubang biru ini terbentuk 15.000 tahun yang lalu.

Dean's Blue Hole
Jika anda berkunjung ke kota Clarence di Long Island, Bahama maka jangan lupa untuk mampir ke Deans blue hole. Lubang biru yang ada di tempat ini merupakan lubang biru terdalam di dunia. Diameter lubang biru ini mencapai 35 meter lalu kedalamannya mencapai 200 meter dan setiap kali penyelam turun ke bawah sekitar 20 meter maka diameter lubangnya semakin melebar jauh ke dalam gua. Masyarakat yang tinggal di sekitar sini menyebutnya lubang biru karena sangat kontras dengan perairan dangkal di wilayah ini

Blue Hole of Dahab
Blue Hole of dahab terletak di pantai laut merah tepatnya di utara kota dahab mesir yang merupakan lubang kedua terdalam di dunia setelah deans blue hole. Kedalaman yang dimiliki oleh lubang biru ini mencapai 130 meter. Lubang biru dikenal memiliki The Arch yang artinya terowongan melalui karang yang biasanya dilewati oleh para penyelam tapi sayangnya banyak sekali penyelam yang menemui ajal karena berusaha menemukan The Arch.

The Blue Hole of Gozo
Di pantai barat pulau Gozo tepatnya di kepulauan Malta, di Laut Mediterania terdapat lubang biru yang disebut dengan The Blue Hole of Gozo. Lubang biru ini letaknya di dasar batuan tebing dan kedalamannya mencapai 55 meter serta memiliki lebar 10 meter. Para penyelam yang datang ke tempat ini biasanya ingin mencari terowongan yang menghubungkan blue hole dengan laut lepas.

Salah satu lubang biru yang disukai oleh para penyelam adalah The Blue Hole of Gozo karena saat mencapai kedalaman 12 meter mereka akan menemukan cekungan yang akan membawa ke laut lepas dan kalau penyelam mencapai kedalaman 55 meter maka mereka akan menemukan kehidupan laut serta beragam jenis ikan yang tinggal di bawah sini.




Related Posts:

0 Response to "Lubang biru terdalam di dunia yang akan membuat anda takjub"

Post a Comment