Tips terhindar aksi penipuan di online shop

Advertisement
raijuku.blogspot.com - Sekarang ini masyarakat indonesia lagi dilanda demam batu akik. Banyak warga yang rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit demi mendapatkan batu akik unik dan digemarinya dengan nilai jual yang cukup tinggi.

Karena saking banyak peminatnya bahkan penjualan batu akik sudah tersebar di dunia maya. Banyak penjual batu akik yang menawarkan koleksi mereka dengan menggunakan media sosial dan online shop. Para penjual tersebut ingin membidik target pembeli yang gemar akan batu akik serta kolektor. Karena batu akik sekarang menjadi tren bagi masyarakat indonesia maka tidak sedikit pula pihak yang memanfaatkan situasi tersebut dengan cara curang agar mendapatkan untung sebanyak-banyaknya.

Achmad Zaky yang menjadi CEO Bukalapak.com memberikan tips-tips bagi para pembeli untuk terhindar dari aksi penipuan yang dilakukan di dunia maya. Zaky menyarankan agar pembeli harus lebih jeli dan hati-hati dalam membeli batu akik serta selalu memperhatikan detail batu akik yang dijual. Untuk penjual batu akik harus menyertakan keterangan lengkap mengenai batu mulia yang dijualnya agar pembeli lebih paham. 
Tips terhindar aksi penipuan di online shop

Supaya transaksi berjalan dengan lancar maka penjual dan pembeli sama-sama harus memberikan informasi yang secara detail dan memahami proses transaksi online.

Bagi penjual zaky juga menyarankan agar berhati-hati dalam memilih calon pembeli dan selalu mendokumentasikan barangnya sebelum dikirim pada pembeli.

Langkah ini sangat efektif bila pembeli melakukan pengembalian barang pada penjual. Alasan zaky memberikan tips tersebut karena belakangan ini marak terjadinya kasus pembeli yang memanfaatkan keuntungan sepihak dari mekanisme retur atau pengembalian barang.

Zaky juga memberikan tips khusus pada pembeli bila hendak membeli batu akik. Yang perlu diperhatikan saat membeli batu akik adalah dimensi pada batu tersebut. Dimensi batu akik adalah Panjang x Lebar x Tinggi dalam ukuran milimeter dan estimasi crat (1 Crat = 0,2 gram).

Sebelum membeli batu akik disarankan untuk memastikan tidak adanya retakan pada batu akik tersebut. Terus selalu perhatikan setiap nama sebutan batu yang umum di indonesia serta jangan ragu-ragu mengenai detail batu tersebut pada penjual.

Hal yang paling penting dalam transaksi online adalah kesepakatan jual beli. Penjual harus menyanggupi pengembalian barang bila tidak sesuai. Dan pembeli juga harus memberikan keterangan yang jelas bila mau mengembalikan barang yang sudah dipesan, sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

Semoga informasi diatas mengenai Tips terhindar aksi penipuan di online shop bisa bermanfaat bagi anda semua.

Related Posts:

0 Response to "Tips terhindar aksi penipuan di online shop"

Post a Comment